KEADAAN UMUM GEOGRAFIS

Desa Datara adalah salah satu desa yang ada di Kabupaten Jeneponto yang terletak sebelah Timur Kota/Kelurahan Bontoramba, Kecamatan Bontoramba dengan batas wilayah :

Sebelah Utara : Desa Bululoe Kecamatan Turatea
Sebelah Timur : Desa Mangepong dan Tanjonga Kecamatan Turatea
Sebelah Selatan : Desa Bangkalaloe
Sebelah Barat : Desa Baraya, Desa Tanammawang Kec. Bontoramba dan Kab. Gowa

KEADAAN IKLIM
Pada umumnya iklim di Desa Datara hampir sama dengan desa yang ada di luar wilayah kecamatan Bontoramba dimana curah hujan berkisar 6 bulan yang dimulai dari bulan Oktober sampai bulan April, sedangkan 6 bulan berikutnya adalah musim kemarau yang dimulai dari bulan Mei sampai bulan September. Desa ini memiliki sungai namun debit airnya berkurang pada musim kemarau karena mengandalkan air hujan, sehingga tidak dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk menyiram tanaman. Secara umum wilayah Desa Datara memiliki jenis tanah berwarna abu-abu dengan tekstur tanah lempungan dalam kedalaman 0,5-1m.

PENGGUNAAN TANAH
Penggunaan tanah yang seluas ± 947,0 km2 sedapat mungkin ditujukan kepada kegiatan social dan kegiatan ekonomi masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Data terakhir tahun 2013 menunjukkan penggunaan tanah untuk sawah dan kebun merupakan pemanfaatan lahan terluas selain kawasan hutan

Penggunaan tanah masyarakat Desa Datara.
No.
Penggunaan Tanah
Luas (Ha)
1
Sawah Tadah Hujan
76
2
Sawah irigasi ½ Teknis
35
3
Ladang/Tegal
543
4
Pemukiman
13,80
5
Hutan
303,0
TOTAL
970,8

KEADAAN TOPOLOGI 
Wilayah Desa Datara merupakan wilayah dataran tinggi dan bukit berpotensi untuk mengembangkan tanaman holtikultura, 




sedangkan wilayah dataran sedang berpotensi untuk mengembangkan perkebunan jangka menengah/pendek seperti jagung, kacang-kacangan bawang merah, cabe, ubi kayu, sayuran, dll.